Mengatasi Masalah Kecantikan

Iklim tropis dengan matahari bersinar sepanjang tahun dan kelembaban tinggi, menimbulkan beberapa masalah kecantikan. Untungnya, perkembangan teknologi dan kosmetologi membuat kita bisa mengatasinya. Yang penting adalah, pilih produk yang tepat sesuai dengan masalah Anda seperti berikut ini.

MAKEUP LUNTUR
Keringat dan minyak alamiah di kulit memecah pigmen pada makeup, menghasilkan warna yang tidak rata. Pelunturan ini kebanyakan terjadi pada kosmetik creamy dengan dasar minyak.
Untuk mengatasi hal ini, hindari produk-produk berminyak yang mengandung wax dan emollients. Jika kosmetik Anda meleleh di laci mobil, maka hal sama akan terjadi pada wajah Anda. Gunakan alas bedak dan perona bubuk (powder) ketimbang formula cream. Jika Anda lebih suka menggunakan cairan, pilih formula oil-free dengan silikon sebagai salah satu ingrediennya. Formula ini tahan terhadap panas dan air. Agar garis mata (eyeliner) tidak luntur, sapukan perona mata bubuk di atasnya, dan gunakan maskara tahan air (waterproof) di saat cuaca panas dan lembab.

PORI TERSUMBAT
Keringat kita tidak menguap di saat kelembaban tinggi. Akibatnya, keringat terjebak di antara kotoran pada kulit, yang lalu menimbulkan blackheads.
Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung retinol, salicylic acid atau alpha hydroxy acid untuk mengeluarkan kotoran dan bakteri. Produk-produk ini dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, gunakan di malam hari, sebelum tidur. Serap keringat dan minyak dari kulit dengan menggunakan kertas penyerap minyak (blotting paper) yang kini banyak dijual di toko atau gerai kosmetik.

RAMBUT PATAH DAN BERCABANG
Sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban rambut, mengakibatkan rambut tampak kusam dan rapuh. Panas yang kuat membuka kutikula, membuat batang rambut mudah terbelah di ujungnya.
Untuk mengatasi, sering-sering beri conditioner pada rambut. Gunakan rinse (bilasan) yang lembab setiap kali rambut selesai di-shampoo. Kuatkan batang rambut dengan memberikan masker rambut sekali seminggu.

KUKU KERING
Sinar matahari, garam (dari air laut), dan chlorine (dalam air kolam renang) menghilangkan kelembaban dari permukaan kuku. Jika Anda rekreasi di pantai, pasir adalah eksfoliator alamiah. Lembabkan dan kuatkan kuku dengan memijatkan minyak kutikula (cuticle oil) atau pelembab dengan vitamin E dan A, setiap malam.

CAT KUKU MENGUNING
Alkohol di dalam sunscreen dapat mengurai dan mengusamkan warna cat kuku. Sinar matahari menghilangkan pigmen dari cat kuku, membuatnya tampak kusam. Atasi kuku berwarna kuning dengan direndam dalam air yang diberi perasan air jeruk nipis atau lemon. Lalu oleskan topcoat yang mengandung pelindung sinar matahari pada kuku.

BIBIR KERING
Pajanan sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi dan bibir pecah-pecah. Oleskan lip treatment yang mengandung petrolatum atau vitamin E untuk menggantikan kelembaban yang hilang. Contohnya lipbalm vitamin E. Oleskan lipstik atau lipgloss yang mengandung SPF paling sedikit 15.

KULIT MENGELUPAS
Pajanan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan kerusakan parah pada lapisan atas dari kulit, mengakibatkan sejumlah sel-sel yang mati terpisah dari lapisan yang lebih dalam. Ganti nutrient dan kelembaban yang hilang dan sembuhkan dengan mengoleskan lotion, cream, atau gel yang memberikan nutrisi. Oleskan produk dengan formula yang mengandung vitamin perbaikan: vitamin A dan E, dan tumbuhan yang menenangkan seperti aloe, neem, dan chamomile. Jangan cabut kulit yang mengelupas karena dapat menyebabkan infeksi. Lebih baik lakukan eksfoliat ringan seminggu sekali.

BINTIK KECOKELATAN DAN FRECKLES
Hiperpigmentasi, bintik-bintik cokelat dan flek-flek terjadi karena sensitivitas terhadap sinar matahari. Obat-obatan tertentu, seperti pil penjarang kehamilan, juga dapat memperburuk keadaan. Ratakan warna kulit dan dorong regenerasi sel-sel dengan membersihkannya dengan pembersih glycolic acid yang lembut setiap malam. Kosmetik perawatan yang mengandung bahan pemutih kulit seperti glycolic acid, protein kedelai, dan vitamin C dapat membantu memudarkan bintik cokelat sambil menenangkan iritasi.
Untuk perbaikan instant, tutupi dengan concealer yang memantulkan cahaya.

sumber: AURA

1 comment:

Anonymous said...

The writer of maucantik.blogspot.com has written a superior article. I got your point and there is nothing to argue about. It is like the following universal truth that you can not disagree with: Corollary to #6274: No one likes a smartass. I will be back.