20 Langkah Kulit Cantik, Sehat Terawat

Mendapatkan kulit yang cantik dan sehat ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Caranya bisa dengan menggunakan resep spa atau dengan teknik anti penuaan terkini. Berikut, beberapa cara yang bisa ditempuh:

1. Astringent dan eksfolian alamiah
Air jeruk lemon segar berkhasiat sebagai astringent. Dan garam bisa digunakan sebagai bahan eksfolian atau scrub. Cara penggunaannya juga mudah:
- Siapkan sebuah jeruk lemon utuh, garam dan minyak zaitun masing-masing 1 sendok makan.
- Campur garam dengan minyak zaitun. Gosokkan ke siku dan lutut sebagai scrub selama 1 menit. Angkat dengan handuk yang dibasahi air hangat.
- Potong jeruk lemon menjadi 2 bagian sama besar. Gosokkan pelan ke siku dan lutut. Angkat atau bersihkan dengan handuk yang dibasahi air hangat. Sesudah itu, oleskan pelembab.

2. Atasi kulit yang terlalu kering dengan krim emollient yang kental untuk mengembalikan kelembaban yang hilang. Jika kondisi tidak membaik, kunjungi dokter Anda untuk memeriksa apakah terdapat penyakit eksim atau penyakit kulit lainnya.

3. Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Untuk mencegah leher berkerut, selalu oleskan pelembab dan sunscreen untuk melindungi kulit leher dari akibat buruk sinar UV.

4. Perhatikan gaya hidup Anda untuk melihat apakah ada hal-hal yang bisa diubah untuk menghindari penyebab yang merusak kulit. Antara lain pajanan yang berlebihan dengan sinar UV, nutrisi buruk, kurang eksfoliasi, atau sering tidur terlalu malam.

5. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur. Saat ini, tersedia tissue basah khusus untuk wajah yang praktis dan mudah digunakan. Bahkan ada yang juga mengandung alpha-hydroxy acids, antioksidan dan ekstrak ginseng untuk meningkatkan kekencangan kulit.

6. Lakukan eksfoliasi di rumah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Oleskan masker dengan formula micro-crystal. Bersihkan sesudah 5 menit dan ikuti dengan mengoleskan krim yang mengandung vitamin antioksidan E atau C atau CoEnzyme Q10.

7. Atasi jerawat dengan ramuan alamiah sederhana. Campur 1 sendok teh garam dengan 1/2 cangkir air hangat. Gunakan untuk kompres jerawat. Kompres ini berkhasiat mengurangi kemerahan, menyembuhkan dan menenangkan pori-pori yang tersumbat dan teriritasi.

8. Ringkas pori yang membesar dengan produk perawatan yang mengandung alpha-hydroxy acid atau retinoid acid untuk pembersihan yang mendalam dan mencegah penyumbatan.

9. Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan bisa bernapas untuk mencegah timbunan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat di dada dan punggung. Bersihkan secara baik daerah ini dan keringkan secara baik.

10. Jangan lupa merawat kulit di sekitar kuku jari. Atasi kutikula yang kering dengan dipijat setiap hari. Gunakan produk perawatan khusus untuk kuku dan kutikula. Pilih produk yang bisa menguatkan kuku dan mencegah kuku terbelah.

11. Terapkan diet sehat dan olahraga teratur untuk memerangi selulit. Selain faktor turunan, lemak juga ikut berperan penting. Dan ini merupakan salah satu faktor yang bisa Anda atasi.

12. Beri perawatan ekstra pada tangan yang mengalami segala jenis stress lingkungan. Beri nutrisi dengan mengoleskan krim tangan. Untuk siang hari, gunakan krim tangan yang mengandung sunscreen.

13. Lakukan perawatan tangan dengan ramuan alamiah. Haluskan setengah buat avokad di mangkuk kecil. Campur dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada kutikula, lalu rendam tangan selama 10 menit pada air yang diberi sabun lunak. Keluarkan tangan, bilas bersih dan keringkan cepat dengan handuk. Lalu dorong kutikula ke bekalang dengan menggunakan orange-wood stick. Terakhir, pijatkan pelembab favorit Anda ke tangan.

14. Warna alas bedak harus tepat sesuai dengan warna kulit. Selalu periksa di bawah cahaya alamiah. Untuk mendapatkan hasil akhir yang paling alamiah, oleskan di tengah dahi, pipi, dagu dan hidung dengan sponge sintetik atau dengan ujung jari Anda. Baurkan, tapi jangan ke arah garis rambut dan garis rahang.

15. Kurangi age spot dan perubahan pigmentasi lainnya dengan produk khusus untuk mengatasi age spot.

16. Berhenti merokok. Menurut para periset, rokok dapat menyebabkan munculnya kerut dini dan membuat kerusakan akibat sinar matahari menjadi lebih parah.

17. Oleskan lipbalm yang mengandung SPF untuk mencegah kulit bibir yang rentan menjadi kering dan terbakar sinar matahari.

18. Untuk melembutkan bibir di malam hari oleskan balm khusus untuk bibir. Atau Anda juga bisa membuat ramuan sendiri. Campur 1 sendok teh minyak zaitun dengan setengah buah pisang matang sampai berbentuk seperti pasta. Microwave selama 10 detik. Biarkan dingin dan oleskan ke bibir.

19. Anjuran yang sudah Anda dengar bertahun-tahun: Tidur cukup. Dapatkan tidur 8 jam sehari. Minum 8 gelas air sehari. Dan lembabkan wajah dengan mengoleskan pelembab.

20. Jangan berbohong tentang usia.

sumber: Aura

No comments: